Kenapa Blog Sepi Pengunjung, Apa Yang Harus Dilakukan ?

Blog Sepi Pengunjung Apa Yang Harus Dilakukan

Artikel sudah banyak tapi blog masih saja sepi pengunjung seringkali dirasakan oleh para blogger baru atau pemula. Hal inilah yang membuat banyak blogger menjadi malas untuk melanjutkan menulis artikel kemudian meninggalkan blog mereka.

Apa saja kemungkinan yang membuat blog sepi pengunjung dan cara untuk mengatasinya.

Sebenarnya tidak cuma jumlah artikel saja yang menentukan ramai atau sepinya pengunjung blog. Ada beberapa poin lainnya yang harus diperhatikan tetapi seringkali terlewatkan oleh para blogger.

1. Membuat Judul Artikel Lebih Unik Dan Menarik.

Komponen utama dalam sebuah artikel terhadap hasil pencarian search engine adalah judul postingan artikel. Pada saat calon pengunjung blog mencari informasi di search engine, maka mereka akan lebih memilih judul artikel yang lebih relevan terhadap kata kunci atau keyword mereka.

Maka gunakanlah komposisi penulisan judul artikel yang unik dan menarik setelah menempatkan kata kunci atau keyword pada judul artikel.

Contoh Judul Artikel :
Resep Membuat Kue Nastar Untuk Hidangan Lebaran Ala Chief Paijo.

Resep Membuat Kue Nastar adalah bagian dari target kata kunci atau keyword pencarian.
Untuk Hidangan Lebaran adalah bagian unik dari judul artikel karena ini dikhususkan untuk saat-saat lebaran. Padahal sih kue nastar sebenarnya bisa di buat untuk kapan saja.
Ala Chief Paijo adalah bagian menarik yang di tambahkan pada akhir judul artikel postingan. Siapa yang tidak kenal dengan chief atau koki paijo ? Anggap saja chief paijo adalah koki yang sudah terkenal di televisi maupun social media.

2. Menggunakan Template Fast Loading.

Setelah calon pengunjung tertarik dengan judul artikelnya, maka mereka akan langsung mengunjungi blog tersebut untuk melihat isi artikelnya. Maka penggunaan template fast loading menjadi bagian terpenting kedua dalam alur pengunjung datang ke blog.

3. Menggunakan Template Responsive Mobile Friendly.

Setelah calon pengunjung tertarik oleh judul artikel dan disuguhkan halaman blog yang cepat dalam menampilkan halaman, maka berikanlah tampilan yang responsive agar tampilan blog sesuai dengan tampilan layar smartphone pengunjung.

4. Penulisan Artikel Dengan Struktur Yang Baik.

Menggunakan template fast loading dan responsive memang sangat baik,hal ini pun memang dianjurkan oleh google untuk kepuasan pengunjung blog.

Akan tetapi hal ini bisa saja mengakibatkan tingkat bounce rate atau rasio pentalan menjadi lebih tinggi jika isi artikel tidak terstruktur dengan baik. Maka buatlah paragraf demi paragraf yang saling berkaitan dan tersusun dengan rapih.

Jika anda membuat isi atau poin utama di paragraf awal, hal ini bisa saja menyebabkan pengunjung lebih cepat meninggalkan blog anda. Karena mereka sudah menemukan informasi yang sedang dicari pada awal paragraf dalam sebuah artikel.

Jika anda membuat isi atau poin utama di paragraf akhir, hal ini bisa saja membuat pengunjung merasa blog anda bertele-tele dalam menyampaikan informasi yang sedang mereka cari.

Lantas bagaimana yang seharusnya dilakukan ?
Buatlah awal paragraf untuk membahas titik temu permasalahan, paragraf tengah untuk penjelasan isi atau poin informasi yang ingin disampaikan, paragraf akhir digunakan sebagai tips atau saran untuk pemasalahan tersebut.

5. Memberikan Inbound Link Yang Menarik.

Menyertakan inbound link adalah cara untuk membuat pengunjung bisa bertahan lebih lama di dalam blog untuk melihat-lihat artikel yang lainnya.

6. Tombol Sharing Ke Social Media

Menyediakan tombol berbagi dan mengajak untuk share ke social media dapat mempermudah pengunjung untuk membagikan artikel yang dirasakan bermanfaat.

Nah demikianlah beberapa cara yang dapat anda coba dan lakukan agar blog menjadi ramai pengunjung. Semoga sukses dan semoga berhasil.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × four =